PROPOSAL PENDIRIAN USAHA
PROPOSAL
PENDIRIAN USAHA
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan

Disusun oleh :
SETIA ANNISA (132503049)
PBS-B3
D3 PERBANKAN SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
UNIVERSITAS WALISONGO SEMARANG 2014
Setia
Nail Art
RINGKASAN EKSEKUTIF
Setia Nail Art adalah usaha
perseorangan yang bergerak di bidang jasa melukis kuku, yang fokus menyajikan
aneka variasi melukis kuku dan perawatan kuku yang belakangan ini sedang marak
berkembang di dunia kecantikan. Tujuan dari Setia Nail Art sendiri adalah
membuka sebuah gerai baru yang akan diletakkan di salah satu pusat perbelanjaan
di kota Semarang dengan mengusung konsep “cozy”, menawarkan jenis – jenis
variasi nail art lainnya yang belum ada di gerai pesaing sejenis dan
memberikan berbagai macam kemudahan dalam melakukan jasa nail art dan didukung
dengan fasilitas yang menarik dan memadai. Setia Nail Art diharapkan dapat
menjadi pilihan gerai melukis kuku dan perawatan kuku yang dicari oleh konsumen
khususnya di kota Semarang.
PENDAHULUAN
Sejarah Berdirinya
Usaha
Nail art adalah sebuah seni
melukis kuku perkembangan dari cat kuku, yang kemudian dikembangkan oleh
perusahaan asal Perancis Revlon pada tahun 1932. Awal mula nail art yang
ditelusuri dari istilah “mehendi“, digunakan secara sinonim untuk pacar
(inai), berasal dari bahasa sansekerta “mehandika“. Munculnya inai
modern berasal dari popularitasnya di India. Menurut sejarah nail art,
manicure adalah perawatan kecantikan kosmetik untuk kuku. Untuk Palembang seni melukis kuku mulai
dikenal sejak tahun 2004 - 2005. Pada saat itu belum banyak tempat yang
menyediakan jasa serupa. Memikirkan akan kelangsungan jangka panjang dari Setia
Nail Art perlu memiliki tempat permanen yang mudah dijangkau dan tentunya lebih
efisien. Oleh karena itu Setia Nail Art akan dikembangkan di salah satu pusat
perbelanjaan di kota Semarang. Pusat perbelanjaan yang menjadi target saya
adalah mall-mall Semarang. Dengan melakukan pembukaan gerai ini maka peluang
pasar yang tercipta tentunya akan semakin besar karena tentunya di tempat ini
akan lebih banyak pangsa pasar potensial yaitu balita sampai wanita lanjut usia
yang tentunya mempunyai hobi merias kuku dan tidak dibatasi oleh pantangan atau
kebudayaan tertentu.
Visi, Misi, dan
Tujuan
Visi
1. Setia Nail Art
menjadi gerai nail art terbaik yang ada di kota Semarang dalam segi
pelayanan dan kualitas atas jasa yang diberikan.
Misi
1. Kepuasan
Setia Nail Art
memberikan kepuasan bagi setiap pelanggan yang datang ke gerai, seperti
pengerjaan jasa yang sesuai keinginan pelanggan dan tentunya sesuai dengan
standar yang ditetapkan.
2. Kenyamanan
Setia Nail Art
memberikan kenyamanan bagi setiap pelanggan yang datang ke gerai, seperti
mengutamakan keramahan, menyediakan gerai baru berkonsep “cozy” yang
juga memadai untuk beraktivitas, dan menjaga kebersihan gerai.
3. Customize
Setia Nail Art tidak
menetapkan minimum order pada setiap pelanggan yang datang ke gerai. Order
disesuaikan dengan keinginan pelanggan, seperti melukis berbeda di setiap kuku
ataupun melukis dibeberapa kuku yang dikehendaki pelanggan.
Tujuan
1. Setia Nail Art
membuka gerai baru yang akan diletakkan di salah satu pusat perbelanjaan di
kota Semarang dengan mengusung konsep “cozy”.
2. Setia Nail Art menawarkan jenis –
jenis variasi nail art lainnya yang belum ada di gerai pesaing sejenis.
GAMBARAN UMUM USAHA
Setia Nail Art merupakan usaha yang
bergerak dalam pelayanan jasa melukis kuku yang akan dikembangkan di pusat
perbelanjaan Semarang. Direncanakan
pembukaan Setia Nail Art sendiri juga mencakup fasilitas yang belum ada di
gerai nail art lainnya yaitu gerai yang memadai dan menarik untuk
melakukan aktifitas dapat ditambahkan alunan musik dan wewangian aromatherapy
yang menenangkan, ruang tunggu yang nyaman dan memadai bagi para
pengunjung, peralatan yang lebih banyak dan lengkap, tersedia nya makanan
ringan untuk para pelanggan, potongan harga khusus untuk pelanggan tetap yang
dibuktikan dengan member card, menawarkan jasa kebersihan kuku seperti manicure
dan pedicure serta menawarkan variasi nail art lainnya. Kemudian
yang tidak kalah penting adalah Setia Nail Art berani mempelopori untuk menjadi
gerai pertama yang menetapkan tanpa minimum order dan sesuai dengan keinginan
dari pelanggan sendiri.
ASPEK PEMASARAN
Segmentasi, Targeting, Positioning
Segmentasi
Segmentasi dari Setia Nail Art
sendiri berasal dari beberapa variabel yaitu :
A. Variabel demografi
Konsumen yang dikualifikasikan
berdasarkan umur dan profesi yaitu :
1. Balita :3–5 tahun
2. Pelajar SD-SMA :6–17
tahun
3. Mahasiswi :18–23 tahun
4. Wanita karier : >
24 tahun
5. Ibu rumah tangga :
> 19 tahun
6. Lanjut usia : > 50 tahun
Dalam kategori pelajar SD-SMA,
disesuaikan dengan kebijakan masing – masing sekolah. Di Kota Semarang sendiri,
beberapa sekolah swasta tidak ada larangan melukis kuku. Namun ada beberapa
sekolah yang tidak mempermasalahkan seperti sekolah yang berada di daerah Jalan
Bangau.
Konsumen yang dikualifikasikan
berdasarkan pendapatan yaitu:
1. Pendapatan rendah :
< UMR
2. Pendapatan sedang :
UMR
3. Pendapatan tinggi: > UMR
B. Variabel psikografis
Konsumen yang dipengaruhi gaya hidup
modern dan mempunyai kepribadian selalu ingin tampil cantik yang disertai
dengan selera dan minat yang tinggi terhadap nail art. Seperti mereka
yang hobi dan menjadikan nail art sebagai suatu rutinitas yang tidak
terlepas dari hidup mereka.
Kemudian
bagi mereka yang dibatasi oleh pantangan atau kebudayaan tertentu seperti
wanita muslimah tidak bisa menggunakan jasa nail art ini dikarenakan mereka
akan mendirikan sholat. Jadi dengan kata lain nail art ini
diperuntukan bagi
wanita yang tidak mempunyai pantangan terhadap nail art.
Namun terdapat
alternatif lain seperti ditawarkannya perawatan kuku seperti pedicure dan
manicure yang tidak menjadi pantangan bagi wanita muslimah. Tetapi untuk
kedepannya akan dilakukan lagi inovasi yang dapat menjangkau wanita muslimah
seperti penggunaan pacar atau inai.
Targeting
Target utama dari
Setia Nail Art sendiri adalah usia balita sampai wanita lanjut usia yang
tentunya mempunyai hobi merias kuku, berkepribadian yang mengikuti trend dan
tidak dibatasi oleh pantangan atau kebudayaan tertentu dengan tidak memandang
pendapatan mereka. Kemudian untuk wanita muslimah ditawarkan perawatan kuku
yang tidak menjadi pantangan bagi mereka.
Positioning
Positioning yang ingin dicapai
dalam pembukaan Setia Nail Art adalah sebagai jasa melukis kuku yang menjangkau
semua lapisan umur masyarakat tanpa membedakan dari pendapatan mereka.
Perkiraan Permintaan
dan Penawaran
Permintaan adalah
jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu di beli oleh konsumen, pada
berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Penawaran adalah jumlah barang
atau jasa yang tersedia dan dapat di jual oleh penjual pada berbagai tingkat
harga, dan pada waktu tertentu.
Strategi Pemasaran
Perusahaan Terhadap Pesaing
-
Product
Produk Setia Nail
Art antara lain : water decal nail cover, UV gel nail art, extension nail
art, 3D nail tip kuku palsu, airbrush nail tip kuku palsu, 3D
sticker nail art, lace sticker nail art, french sticker nail art dan stamp nail
art.
-
Price
Harga yang
ditetapkan AB Nail Art berkisar antara Rp 15.000 – Rp 100.000
-
Promotional Mix
Social Media
Setia Nail Art
menggunakan promosi social media melalui dua media yakni media
elektronik seperti handphone ataupun smartphone, laptop dan media cetak seperti
brosur.
Sales Promotion
Kemudian Setia Nail
Art melakukan promosi dengan cara Sales Promotion yaitu mengikuti event
– event seperti bazaar atau pameran di pusat keramaian.
-
Placement
Setia
Nail Art akan membuka gerai baru di salah satu pusat perbelanjaan di Semarang
yaitu di mall-mall Semarang.
-
People
Setia Nail Art dalam kegiatan
operasionalnya selain owner yang turun langsung dalam proses pelukisan
kuku, juga akan memperkerjakan therapist wanita yang berkualitas dan
telah di latih untuk dapat melakukan proses pelukisan dan perawatan kuku serta
mengutamakan keramahan dalam melayani konsumen yang di mulai dari sikap
menghargai konsumen.
-
Process
Setia Nail Art melewati lima tahapan
utama yang merupakan kelebihan dari SetiaNail Art dan tidak dilakukan di gerai nail
art lainnya. Lima tahapan utama tersebut antara lain : pembersihan bagian
kuku yang akan di lukis berupa merapikan bentuk kuku dan pencucian kuku,
pelapisan dasar kuku agar kuku asli tidak mudah rapuh, pemberian warna dasar
lukisan dapat juga langsung dilakukan pelukisan kuku, melukis kuku sesuai
dengan motif keinginan konsumen, pelapisan akhir kuku agar terlihat lebih
mengkilat dan tentunya tahan lama. Kemudian untuk perawatan kuku lainnya
dilakukan sesuai standar dan prosedur yang berlaku.
Proses pelayanan yang mengutamakan
keramahan seperti menerapakan 3S yaitu senyum, sapa, dan sopan. Hal ini
tentunya akan membuat pelanggan merasa di hargai dan memberikan nilai lebih
bagi Setia Nail Art.
-
Physical Evidence
Gerai Setia Nail Art yang baru akan
memberikan tampilan gerai yang mengusung konsep “cozy” baik dari segi layout,
gradasi warna, dan dekorasi seperti wall sticker. Selain itu dilengkapi
dengan tata audio yang menghasilkan alunan musik yang mendukung konsep “cozy”
tersebut. Diberikannya wewangian aromatheraphy yang menenangkan
sebagai salah satu cara memberikan kenyamanan pada konsumen, ruang tunggu yang
nyaman dan tentunya memadai. Dan yang paling penting adalah menyediakan
peralatan dan perlengkapan yang baik dan bersih.
ANALISIS SWOT Setia Nail Art
- Strength
1. Setia Nail Art akan
mudah mempunyai pelanggan tetap.
2. Setia Nail Art dalam
melakukan proses melukis kuku melewati Lima Tahapan Utama yang belum dimiliki
oleh gerai nail art lainnya.
3. Setia Nail Art
menyediakan gerai yang mempunyai konsep „‟cozy‟‟ yaitu suatu gerai yang
memadai dan menarik untuk melakukan aktifitas dapat ditambahkan alunan musik
dan wewangian aromatherapy yang menenangkan, ruang tunggu yang nyaman
dan memadai bagi para pengunjung, peralatan yang lebih banyak dan lengkap,
tersedia nya makanan ringan untuk para konsumen, potongan harga khusus untuk
konsumen tetap yang dibuktikan dengan member card, serta menawarkan
variasi nail art yang belum ada di gerai nail art lainnya.
4. Setia Nail Art menawarkan jenis
variasi nail art lainnya yang tentunya sebagian besar belum ada di gerai
nail art sebelumnya yaitu water decal nail cover, UV gel nail art,
extension nail art, 3D nail tip kuku palsu, airbrush nail tip kuku
palsu, 3D sticker nail art,lace sticker nail art, french sticker nail art
dan stamp nail art.
5. Harga yang ditetapkan
sebanding dengan kepuasan serta fasilitas yang akan diperoleh konsumen.
6. Melakukan diferensasi
harga bagi kelompok masyarakat yaitu tanpa membedakan tingkat pendapatan
mereka.
7. Diterapkannya tidak
ada minimum pelukisan kuku bagi konsumen.
8. Kebebasan memilih
motif ataupun variasi nail art yang konsumen sukai. Misal dengan motif
berbeda disetiap kuku.
9. Lokasi Setia Nail Art akan dibuka
pada kota Semarang yakni pusat perbelanjaan besar yang tentunya ramai akan
pengunjung.
- Weakness
1. Harga sewa yang mahal
di pusat perbelanjaan terkenal dan besar
2. Masih banyak
perlengkapan yang harus disediakan selain yang sudah ada.
3. Banyaknya konsumen
yang sudah nyaman pada satu tempat akan sulit untuk berpindah ketempat lain.
4. Selain itu pesaing
yang sudah ada nama sebelumnya pasti sudah mempunyai banyak pelanggan tetap
pula.
5. Nail Art tidak
diperuntukan bagi wanita muslimah yang mendirikan sholat.
6. Nail Art tidak diperuntukan bagi
pelajar yang sekolah nya mempunyai kebijakan melarang melukis kuku.
- Opportunities
1. Sampai saat ini belum
ada gerai yang memberikan sentuhan konsep yang unik di gerai nya, kemudian dari
variasi nail art cenderung sama di satu gerai dengan gerai lainnya. Oleh
karena itu Setia Nail Art berpeluang untuk mempelopori menjadi gerai pertama
yang mengusung konsep yang unik dan didalamnya terdapat variasi – variasi nail
art lainnya yang belum ada di gerai nail art pesaing.
2. Peluang lain yang timbul di
lingkungan eksternal adalah adanya tipe konsumen backpacker atau dengan
kata lain mereka merupakan konsumen yang suka berpindah – pindah tempat untuk
mencari suatu tempat baru yang unik dan berbeda dari yang ada sebelumnya. Jadi
konsumen yang bertipe seperti ini dapat menjadi salah satu peluang besar bagi Setia
Nail Art. Jika peluang – peluang yang timbul dilewatkan, maka besar kemungkinan
para pesaing akan timbul dan memanfaatkannya.
- Threats
1. Muncul nya pesaing
baru dalam penyediaan jasa nail art merupakan salah satu permasalahan
yang perlu di antisipasi.
2. Kemudian dari pesaing
sejenis yang sewaktu – waktu dapat mengikuti dan meniru konsep yang di jual Setia
Nail Art, dengan sedikit
3. Modifikasi maka mereka akan satu
langkah lebih unggul dari Setia Nail Art.
ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
-
Aspek Organisasi
Setia Nail Art menggunakan struktur
organisasi lini, dimana wewenang organisasi dipegang langsung oleh manajemen
puncak atau pemilik atas yang di terapkan pada karyawannya untuk mencapai
keberhasilan, dikarenakan juga Setia Nail Art merupakan jenis usaha yang memiliki
karyawan yang sedikit. Jadi wewenang dari atasan ditujukan kebawahan, begitu
juga sebaliknya, pertanggungjawaban bawahan langsung keatasan.
-
Perijinan
Dengan membawa kelengkapan
persyaratan yang telah ditetapkan manajemen mall Semarang seperti surat
perjanjian di atas materai, fotokopi tanda pengenal, dan uang muka penyewaan
rukan. Lama pengurusan perijinan tersebut kurang lebih akan memakan waktu 1-2
minggu hari kerja.
ASPEK PRODUKSI
Pemilihan Lokasi Usaha
Setia
Nail Art memilih lokasi usaha di salah satu pusat perbelanjaan di kota
Semarang yaitu di mall Ciputra dan Matahari.
Rencana Tata Letak
Rencana tata letak (layout) Setia
Nail Art menyesuaikan dengan display gerai yang telah dikonsep pemilik
dan menyesuaikan dengan luas ruangan yang akan disewa
Proses Produksi
Setia Nail Art melewati lima tahapan
utama yang merupakan kelebihan dari Setia Nail Art dan tidak dilakukan di gerai
nail art lainnya. Lima tahapan utama tersebut antara lain : pembersihan
bagian kuku yang akan di lukis berupa merapikan bentuk kuku dan pencucian kuku,
pelapisan dasar kuku agar kuku asli tidak mudah rapuh, pemberian warna dasar
lukisan dapat juga langsung dilakukan pelukisan kuku, melukis kuku sesuai
dengan motif keinginan konsumen, pelapisan akhir kuku agar terlihat lebih
mengkilat dan tentunya tahan lama. Kemudian untuk perawatan kuku lainnya
dilakukan sesuai standar dan prosedur yang berlaku. Proses pelayanan
yang mengutamakan keramahan seperti menerapakan 3S yaitu senyum, sapa, dan
sopan. Hal ini tentunya akan membuat pelanggan merasa di hargai dan memberikan
nilai lebih bagi Setia Nail Art.
-
Tenaga Produksi
Setia Nail Art akan
menggunakan dua therapist wanita sebagai tenaga produksi dan di bantu
juga oleh pemilik yang juga berperan sebagai tenaga produksi. Setia Nail Art
mempunyai kualifikasi khusus untuk therapist wanita yang digunakan, dan
diutamakan yang masih berada dalam usia produktif yaitu 20 tahun sampai 25
tahun. Therapist wanita sebelumnya akan di latih untuk dapat melakukan
proses pelukisan dan perawatan kuku. serta mengutamakan keramahan dalam
melayani konsumen yang di mulai dari sikap menghargai konsumen.
Mesin dan
Peralatannya
Total harga mesin
dan peralatan Setia Nail Art adalah Rp 15.000.000
Gedung dan
Perlengkapannya
Setia Nail Art tidak
berada di lokasi sendiri, melainkan menyewa salah satu rukan di pusat
perbelanjaan mall Semarang yang berukuran 4 x 6 M . Dengan harga sewa per tahun
Rp 30.000.000. Harga sewa tersebut sudah diakumulasikan dengan biaya
pemeliharaan, dana cadangan, biaya promosi mall, dan biaya listrik. Dan total
harga perlengkapan Rp 3.000.000
ASPEK KEUANGAN
Sumber Pendanaan
Total modal
pembukaan Setia Nail Art sebesar Rp .20.500.000
Modal pribadi
sebesar 50 % dan modal orang tua sebesar 50 %. Dengan nominal masing - masing
Rp 10.250.000
Kebutuhan Pembiayaan
/ Modal Investasi
Modal investasi yang
diperlukan untuk mengembangkan Setia Nail Art adalah
sebesar Rp 10.000.000
Kebutuhan Modal
Kerja
Modal kerja yang
diperlukan untuk mengembangkan Setia Nail Art adalah sebesar Rp 15.000.000
terimakasih kak buat tips dan infonya. ooo iya kak kalau ingin tahu tentang cara membuat toko online yukk disini saja. terimakasih
ReplyDeleteGreat to see that someone still understand how to create an awesome blog.
ReplyDeleteThe blog is genuinely impressive in all aspects.
I like this blog, good job.
http://www.mgmdomino.com/