Friday, March 6, 2015

PROPOSAL PENDIRIAN USAHA

PROPOSAL PENDIRIAN USAHA


PROPOSAL PENDIRIAN USAHA
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan


Setia Nail Art

 
      Disusun oleh  :
SETIA ANNISA (132503049)
PBS-B3

D3 PERBANKAN SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
UNIVERSITAS WALISONGO SEMARANG 2014







Setia Nail Art

RINGKASAN EKSEKUTIF

Setia Nail Art adalah usaha perseorangan yang bergerak di bidang jasa melukis kuku, yang fokus menyajikan aneka variasi melukis kuku dan perawatan kuku yang belakangan ini sedang marak berkembang di dunia kecantikan. Tujuan dari Setia Nail Art sendiri adalah membuka sebuah gerai baru yang akan diletakkan di salah satu pusat perbelanjaan di kota Semarang dengan mengusung konsep “cozy”, menawarkan jenis – jenis variasi nail art lainnya yang belum ada di gerai pesaing sejenis dan memberikan berbagai macam kemudahan dalam melakukan jasa nail art dan didukung dengan fasilitas yang menarik dan memadai. Setia Nail Art diharapkan dapat menjadi pilihan gerai melukis kuku dan perawatan kuku yang dicari oleh konsumen khususnya di kota Semarang.












PENDAHULUAN

Sejarah Berdirinya Usaha

Nail art adalah sebuah seni melukis kuku perkembangan dari cat kuku, yang kemudian dikembangkan oleh perusahaan asal Perancis Revlon pada tahun 1932. Awal mula nail art yang ditelusuri dari istilah “mehendi“, digunakan secara sinonim untuk pacar (inai), berasal dari bahasa sansekerta “mehandika“. Munculnya inai modern berasal dari popularitasnya di India. Menurut sejarah nail art, manicure adalah perawatan kecantikan kosmetik untuk kuku.  Untuk Palembang seni melukis kuku mulai dikenal sejak tahun 2004 - 2005. Pada saat itu belum banyak tempat yang menyediakan jasa serupa. Memikirkan akan kelangsungan jangka panjang dari Setia Nail Art perlu memiliki tempat permanen yang mudah dijangkau dan tentunya lebih efisien. Oleh karena itu Setia Nail Art akan dikembangkan di salah satu pusat perbelanjaan di kota Semarang. Pusat perbelanjaan yang menjadi target saya adalah mall-mall Semarang. Dengan melakukan pembukaan gerai ini maka peluang pasar yang tercipta tentunya akan semakin besar karena tentunya di tempat ini akan lebih banyak pangsa pasar potensial yaitu balita sampai wanita lanjut usia yang tentunya mempunyai hobi merias kuku dan tidak dibatasi oleh pantangan atau kebudayaan tertentu.







Visi, Misi, dan Tujuan

Visi
1. Setia Nail Art menjadi gerai nail art terbaik yang ada di kota Semarang dalam segi pelayanan dan kualitas atas jasa yang diberikan.

Misi
1. Kepuasan
Setia Nail Art memberikan kepuasan bagi setiap pelanggan yang datang ke gerai, seperti pengerjaan jasa yang sesuai keinginan pelanggan dan tentunya sesuai dengan standar yang ditetapkan.
2. Kenyamanan
Setia Nail Art memberikan kenyamanan bagi setiap pelanggan yang datang ke gerai, seperti mengutamakan keramahan, menyediakan gerai baru berkonsep “cozy” yang juga memadai untuk beraktivitas, dan menjaga kebersihan gerai.
3. Customize
Setia Nail Art tidak menetapkan minimum order pada setiap pelanggan yang datang ke gerai. Order disesuaikan dengan keinginan pelanggan, seperti melukis berbeda di setiap kuku ataupun melukis dibeberapa kuku yang dikehendaki pelanggan.

Tujuan
1. Setia Nail Art membuka gerai baru yang akan diletakkan di salah satu pusat perbelanjaan di kota Semarang dengan mengusung konsep “cozy”.
2. Setia Nail Art menawarkan jenis – jenis variasi nail art lainnya yang belum ada di gerai pesaing sejenis.

GAMBARAN UMUM USAHA

Setia Nail Art merupakan usaha yang bergerak dalam pelayanan jasa melukis kuku yang akan dikembangkan di pusat perbelanjaan Semarang.  Direncanakan pembukaan Setia Nail Art sendiri juga mencakup fasilitas yang belum ada di gerai nail art lainnya yaitu gerai yang memadai dan menarik untuk melakukan aktifitas dapat ditambahkan alunan musik dan wewangian aromatherapy yang menenangkan, ruang tunggu yang nyaman dan memadai bagi para pengunjung, peralatan yang lebih banyak dan lengkap, tersedia nya makanan ringan untuk para pelanggan, potongan harga khusus untuk pelanggan tetap yang dibuktikan dengan member card, menawarkan jasa kebersihan kuku seperti manicure dan pedicure serta menawarkan variasi nail art lainnya. Kemudian yang tidak kalah penting adalah Setia Nail Art berani mempelopori untuk menjadi gerai pertama yang menetapkan tanpa minimum order dan sesuai dengan keinginan dari pelanggan sendiri.


ASPEK PEMASARAN

Segmentasi, Targeting, Positioning

Segmentasi
Segmentasi dari Setia Nail Art sendiri berasal dari beberapa variabel yaitu :
A. Variabel demografi
Konsumen yang dikualifikasikan berdasarkan umur dan profesi yaitu :
1. Balita :3–5 tahun
2. Pelajar SD-SMA :6–17 tahun
3. Mahasiswi :18–23 tahun
4. Wanita karier : > 24 tahun
5. Ibu rumah tangga : > 19 tahun
6. Lanjut usia : > 50 tahun

Dalam kategori pelajar SD-SMA, disesuaikan dengan kebijakan masing – masing sekolah. Di Kota Semarang sendiri, beberapa sekolah swasta tidak ada larangan melukis kuku. Namun ada beberapa sekolah yang tidak mempermasalahkan seperti sekolah yang berada di daerah Jalan Bangau.
Konsumen yang dikualifikasikan berdasarkan pendapatan yaitu:
1. Pendapatan rendah : < UMR
2. Pendapatan sedang : UMR
3. Pendapatan tinggi: > UMR

B. Variabel psikografis
Konsumen yang dipengaruhi gaya hidup modern dan mempunyai kepribadian selalu ingin tampil cantik yang disertai dengan selera dan minat yang tinggi terhadap nail art. Seperti mereka yang hobi dan menjadikan nail art sebagai suatu rutinitas yang tidak terlepas dari hidup mereka.
Kemudian bagi mereka yang dibatasi oleh pantangan atau kebudayaan tertentu seperti wanita muslimah tidak bisa menggunakan jasa nail art ini dikarenakan mereka akan mendirikan sholat. Jadi dengan kata lain nail art ini


diperuntukan bagi wanita yang tidak mempunyai pantangan terhadap nail art.
Namun terdapat alternatif lain seperti ditawarkannya perawatan kuku seperti pedicure dan manicure yang tidak menjadi pantangan bagi wanita muslimah. Tetapi untuk kedepannya akan dilakukan lagi inovasi yang dapat menjangkau wanita muslimah seperti penggunaan pacar atau inai.

Targeting
Target utama dari Setia Nail Art sendiri adalah usia balita sampai wanita lanjut usia yang tentunya mempunyai hobi merias kuku, berkepribadian yang mengikuti trend dan tidak dibatasi oleh pantangan atau kebudayaan tertentu dengan tidak memandang pendapatan mereka. Kemudian untuk wanita muslimah ditawarkan perawatan kuku yang tidak menjadi pantangan bagi mereka.

Positioning
Positioning yang ingin dicapai dalam pembukaan Setia Nail Art adalah sebagai jasa melukis kuku yang menjangkau semua lapisan umur masyarakat tanpa membedakan dari pendapatan mereka.

Perkiraan Permintaan dan Penawaran
Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu di beli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat di jual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.




Strategi Pemasaran Perusahaan Terhadap Pesaing
-         Product
Produk Setia Nail Art antara lain : water decal nail cover, UV gel nail art, extension nail art, 3D nail tip kuku palsu, airbrush nail tip kuku palsu, 3D sticker nail art, lace sticker nail art, french sticker nail art dan stamp nail art.
-         Price
Harga yang ditetapkan AB Nail Art berkisar antara Rp 15.000 – Rp 100.000
-         Promotional Mix
Social Media
Setia Nail Art menggunakan promosi social media melalui dua media yakni media elektronik seperti handphone ataupun smartphone, laptop dan media cetak seperti brosur.
Sales Promotion
Kemudian Setia Nail Art melakukan promosi dengan cara Sales Promotion yaitu mengikuti event – event seperti bazaar atau pameran di pusat keramaian.
-         Placement
Setia Nail Art akan membuka gerai baru di salah satu pusat perbelanjaan di Semarang yaitu di mall-mall Semarang.
-         People
Setia Nail Art dalam kegiatan operasionalnya selain owner yang turun langsung dalam proses pelukisan kuku, juga akan memperkerjakan therapist wanita yang berkualitas dan telah di latih untuk dapat melakukan proses pelukisan dan perawatan kuku serta mengutamakan keramahan dalam melayani konsumen yang di mulai dari sikap menghargai konsumen.
-         Process
Setia Nail Art melewati lima tahapan utama yang merupakan kelebihan dari SetiaNail Art dan tidak dilakukan di gerai nail art lainnya. Lima tahapan utama tersebut antara lain : pembersihan bagian kuku yang akan di lukis berupa merapikan bentuk kuku dan pencucian kuku, pelapisan dasar kuku agar kuku asli tidak mudah rapuh, pemberian warna dasar lukisan dapat juga langsung dilakukan pelukisan kuku, melukis kuku sesuai dengan motif keinginan konsumen, pelapisan akhir kuku agar terlihat lebih mengkilat dan tentunya tahan lama. Kemudian untuk perawatan kuku lainnya dilakukan sesuai standar dan prosedur yang berlaku.
Proses pelayanan yang mengutamakan keramahan seperti menerapakan 3S yaitu senyum, sapa, dan sopan. Hal ini tentunya akan membuat pelanggan merasa di hargai dan memberikan nilai lebih bagi Setia Nail Art.
-         Physical Evidence
Gerai Setia Nail Art yang baru akan memberikan tampilan gerai yang mengusung konsep “cozy” baik dari segi layout, gradasi warna, dan dekorasi seperti wall sticker. Selain itu dilengkapi dengan tata audio yang menghasilkan alunan musik yang mendukung konsep “cozy” tersebut. Diberikannya wewangian aromatheraphy yang menenangkan sebagai salah satu cara memberikan kenyamanan pada konsumen, ruang tunggu yang nyaman dan tentunya memadai. Dan yang paling penting adalah menyediakan peralatan dan perlengkapan yang baik dan bersih.

ANALISIS SWOT Setia Nail Art

- Strength
1. Setia Nail Art akan mudah mempunyai pelanggan tetap.
2. Setia Nail Art dalam melakukan proses melukis kuku melewati Lima Tahapan Utama yang belum dimiliki oleh gerai nail art lainnya.
3. Setia Nail Art menyediakan gerai yang mempunyai konsep „‟cozy‟‟ yaitu suatu gerai yang memadai dan menarik untuk melakukan aktifitas dapat ditambahkan alunan musik dan wewangian aromatherapy yang menenangkan, ruang tunggu yang nyaman dan memadai bagi para pengunjung, peralatan yang lebih banyak dan lengkap, tersedia nya makanan ringan untuk para konsumen, potongan harga khusus untuk konsumen tetap yang dibuktikan dengan member card, serta menawarkan variasi nail art yang belum ada di gerai nail art lainnya.
4. Setia Nail Art menawarkan jenis variasi nail art lainnya yang tentunya sebagian besar belum ada di gerai nail art sebelumnya yaitu water decal nail cover, UV gel nail art, extension nail art, 3D nail tip kuku palsu, airbrush nail tip kuku palsu, 3D sticker nail art,lace sticker nail art, french sticker nail art dan stamp nail art.
5. Harga yang ditetapkan sebanding dengan kepuasan serta fasilitas yang akan diperoleh konsumen.
6. Melakukan diferensasi harga bagi kelompok masyarakat yaitu tanpa membedakan tingkat pendapatan mereka.
7. Diterapkannya tidak ada minimum pelukisan kuku bagi konsumen.
8. Kebebasan memilih motif ataupun variasi nail art yang konsumen sukai. Misal dengan motif berbeda disetiap kuku.
9. Lokasi Setia Nail Art akan dibuka pada kota Semarang yakni pusat perbelanjaan besar yang tentunya ramai akan pengunjung.

-  Weakness
1. Harga sewa yang mahal di pusat perbelanjaan terkenal dan besar
2. Masih banyak perlengkapan yang harus disediakan selain yang sudah ada.
3. Banyaknya konsumen yang sudah nyaman pada satu tempat akan sulit untuk berpindah ketempat lain.
4. Selain itu pesaing yang sudah ada nama sebelumnya pasti sudah mempunyai banyak pelanggan tetap pula.
5. Nail Art tidak diperuntukan bagi wanita muslimah yang mendirikan sholat.
6. Nail Art tidak diperuntukan bagi pelajar yang sekolah nya mempunyai kebijakan melarang melukis kuku.

- Opportunities
1. Sampai saat ini belum ada gerai yang memberikan sentuhan konsep yang unik di gerai nya, kemudian dari variasi nail art cenderung sama di satu gerai dengan gerai lainnya. Oleh karena itu Setia Nail Art berpeluang untuk mempelopori menjadi gerai pertama yang mengusung konsep yang unik dan didalamnya terdapat variasi – variasi nail art lainnya yang belum ada di gerai nail art pesaing.
2. Peluang lain yang timbul di lingkungan eksternal adalah adanya tipe konsumen backpacker atau dengan kata lain mereka merupakan konsumen yang suka berpindah – pindah tempat untuk mencari suatu tempat baru yang unik dan berbeda dari yang ada sebelumnya. Jadi konsumen yang bertipe seperti ini dapat menjadi salah satu peluang besar bagi Setia Nail Art. Jika peluang – peluang yang timbul dilewatkan, maka besar kemungkinan para pesaing akan timbul dan memanfaatkannya.

- Threats
1. Muncul nya pesaing baru dalam penyediaan jasa nail art merupakan salah satu permasalahan yang perlu di antisipasi.
2. Kemudian dari pesaing sejenis yang sewaktu – waktu dapat mengikuti dan meniru konsep yang di jual Setia Nail Art, dengan sedikit
3. Modifikasi maka mereka akan satu langkah lebih unggul dari Setia Nail Art.


ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN

-         Aspek Organisasi
Setia Nail Art menggunakan struktur organisasi lini, dimana wewenang organisasi dipegang langsung oleh manajemen puncak atau pemilik atas yang di terapkan pada karyawannya untuk mencapai keberhasilan, dikarenakan juga Setia Nail Art merupakan jenis usaha yang memiliki karyawan yang sedikit. Jadi wewenang dari atasan ditujukan kebawahan, begitu juga sebaliknya, pertanggungjawaban bawahan langsung keatasan.
-         Perijinan
Dengan membawa kelengkapan persyaratan yang telah ditetapkan manajemen mall Semarang seperti surat perjanjian di atas materai, fotokopi tanda pengenal, dan uang muka penyewaan rukan. Lama pengurusan perijinan tersebut kurang lebih akan memakan waktu 1-2 minggu hari kerja.









ASPEK PRODUKSI

Pemilihan Lokasi Usaha
Setia  Nail Art memilih lokasi usaha di salah satu pusat perbelanjaan di kota Semarang yaitu di mall Ciputra dan Matahari.
Rencana Tata Letak
Rencana tata letak (layout) Setia Nail Art menyesuaikan dengan display gerai yang telah dikonsep pemilik dan menyesuaikan dengan luas ruangan  yang akan disewa
Proses Produksi
Setia Nail Art melewati lima tahapan utama yang merupakan kelebihan dari Setia Nail Art dan tidak dilakukan di gerai nail art lainnya. Lima tahapan utama tersebut antara lain : pembersihan bagian kuku yang akan di lukis berupa merapikan bentuk kuku dan pencucian kuku, pelapisan dasar kuku agar kuku asli tidak mudah rapuh, pemberian warna dasar lukisan dapat juga langsung dilakukan pelukisan kuku, melukis kuku sesuai dengan motif keinginan konsumen, pelapisan akhir kuku agar terlihat lebih mengkilat dan tentunya tahan lama. Kemudian untuk perawatan kuku lainnya dilakukan sesuai standar dan prosedur yang berlaku. Proses pelayanan yang mengutamakan keramahan seperti menerapakan 3S yaitu senyum, sapa, dan sopan. Hal ini tentunya akan membuat pelanggan merasa di hargai dan memberikan nilai lebih bagi Setia Nail Art.
-         Tenaga Produksi
Setia Nail Art akan menggunakan dua therapist wanita sebagai tenaga produksi dan di bantu juga oleh pemilik yang juga berperan sebagai tenaga produksi. Setia Nail Art mempunyai kualifikasi khusus untuk therapist wanita yang digunakan, dan diutamakan yang masih berada dalam usia produktif yaitu 20 tahun sampai 25 tahun. Therapist wanita sebelumnya akan di latih untuk dapat melakukan proses pelukisan dan perawatan kuku. serta mengutamakan keramahan dalam melayani konsumen yang di mulai dari sikap menghargai konsumen.
Mesin dan Peralatannya
Total harga mesin dan peralatan Setia Nail Art adalah Rp 15.000.000
Gedung dan Perlengkapannya
Setia Nail Art tidak berada di lokasi sendiri, melainkan menyewa salah satu rukan di pusat perbelanjaan mall Semarang yang berukuran 4 x 6 M . Dengan harga sewa per tahun Rp 30.000.000. Harga sewa tersebut sudah diakumulasikan dengan biaya pemeliharaan, dana cadangan, biaya promosi mall, dan biaya listrik. Dan total harga perlengkapan Rp 3.000.000


ASPEK KEUANGAN

Sumber Pendanaan
Total modal pembukaan Setia Nail Art sebesar Rp .20.500.000
Modal pribadi sebesar 50 % dan modal orang tua sebesar 50 %. Dengan nominal masing - masing Rp 10.250.000
Kebutuhan Pembiayaan / Modal Investasi
Modal investasi yang diperlukan untuk mengembangkan Setia Nail Art adalah
sebesar Rp 10.000.000
Kebutuhan Modal Kerja
Modal kerja yang diperlukan untuk mengembangkan Setia Nail Art adalah sebesar Rp 15.000.000



 

2 comments:

  1. terimakasih kak buat tips dan infonya. ooo iya kak kalau ingin tahu tentang cara membuat toko online yukk disini saja. terimakasih

    ReplyDelete
  2. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    I like this blog, good job.
    http://www.mgmdomino.com/

    ReplyDelete